Kementerian Perdagangan prioritaskan peningkatan kesadaran konsumen

kementerian perdagangan (kemendag) memprioritaskan peningkatan kesadaran konsumen sebelum membeli serta membeli produk dan jasa dibanding memproses secara legal komplain pelanggan.

kami tak begitu menekankan masalah pengaduan. masalah pengaduan tersebut nanti ingin berujung di proses pengadilan serta itu akan panjang ceritanya, papar wakil menteri perdagangan, bayu krisnamurthi, selepas peringatan hari pelanggan nasional dalam jakarta, sabtu (20/4).

kementerian perdagangan, berdasarkan dia, lebih mengutamakan situs peningkatan kesadaran pelanggan ketika ingin mengkonsumsi pilihan serta penyedia layanan semisal membaca ketentuan serta kesesuaian produk dan jasa dengan janji produsen.

krisnamurthi meneruskan konsumen indonesia miliki hak agar menolak koleksi barang serta jasa dan tak pas dengan janji-janji beriklan.

Informasi Lainnya:

mereka (pelanggan) bersuara, kami akan fasilitasi dan mau menyebutkan, perusahaan ataupun produk itu tidak pas kemarin dipublikasikan. konsumen lain adalah sadar serta tidak mencari. tersebut malahan lebih kuat daripada cuma mengadu serta menuntut, tutur dia.

kemendag, lanjut dia, juga melibatkan sejumlah institusi ajaran, studi, serta organisasi massa agar memperbaiki kesadaran pelanggan.

ini (kesadaran pelanggan) merupakan sebuah gerakan studi penduduk. kami baru mengetahui apakah kesadaran ini perlu masuk selama kurikulum atau tidak, tutur dia.

bayu menambahkan kesadaran pelanggan indonesia agar mencari juga mengikuti keputusan konsumsi melalui cerdas serta turut membuat ketahanan ekonomi dari perdagangan barang ataupun jasa impor.